www.itsb.ac.id

Sie sind hier:  HOME > BERITA > Kunjungan IATMI SM-ITSB ke PPTMGB LEMIGAS
 

Kunjungan IATMI SM-ITSB ke PPTMGB LEMIGAS

Dalam rangka menunjang kegiatan studi Teknik Perminyakan Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB), Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Seksi Mahasiswa Institut Teknologi dan Sains Bandung (IATMI SM-ITSB) melakukan kunjungan ke salah satu laboratorium penelitian minyak dan gas terbesar di Indonesia yaitu PPPTMGB LEMIGAS. Kunjungan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 25 Mei 2016 ini diikuti oleh anggota IATMI SM-ITSB di bawah naungan Divisi Company Visit IATMI SM-ITSB.

 

Acara penerimaan dilakukan di Gedung Kelompok Program Penelitian dan Pengembangan Teknologi Eksploitasi (KP3T Eksploitasi). KP3T Eksploitasi memiliki tugas untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan teknologi pemboran, evaluasi formasi, reservoir, produksi, dan peningkatan pengurasan tahap lanjut atau EOR. Kunjungan ini mendapat sambutan hangat dari pihak PPPTMGB LEMIGAS yang diwakili oleh Bapak Ridwan selaku perwakilan dari Gedung Eksploitasi 2 dan 3 serta Ibu Wulan selaku perwakilan dari afiliasi.

 

Di dalam gedung ini terdapat 13 laboratorium namun hanya empat laboratorium saja yang dapat dikunjungi. Laboratorium pertama yang dikunjungi adalah Laboratorium Special Core Analysis (SCAL). Di laboratorium ini dibimbing oleh Ibu Dewi Fitri Zuliani selaku Laboratorium Analyst dan Bapak Yohannes B. Doi Wangge selaku Kepala Laboratorium SCAL.

Laboratorium berikutnya yang dikunjungi adalah Laboratorium Mekanika Batuan dan Routine Core. Laboratorium ini terletak di lantai dasar Gedung KP3 Eksploitasi. Dipandu oleh Bapak Ade Yogi selaku Kepala Lab Rutin, peserta dikenalkan kepada alat gamma ray yang digunakan untuk mengetahui mineral radioaktif pada suatu batuan, alat CT Scan yang digunakan untuk mengetahui homogenitas sample core yang bisa digunakan dalam penentuan cut off dan lain-lain.

 

Terakhir, kunjungan diarahkan ke Laboratorium PVT yang dipandu oleh Bapak Ali, di laboratorium PVT, peserta dikenalkan kepada proses pengolahan sampel yang diambil dari separator. Sasaran penelitian yang ingin dicapai adalah peningkatan cadangan dan produksi minyak dan gas bumi, pengembangan gas non-konvensional coalbed methane (CBM) dan shale gas, serta pengembangan teknologi penyimpanan gas karbon dioksida yang dikaitkan dengan EOR

 


 
     


Segala hal terkait pembayaran yang ditujukan ke ITSB dilakukan melalui nomor rekening 000 455 6364 Bank Sinarmas Cabang Karawang Pindodelli  


Kampus ITSB, Kota Deltamas

Jl. Ganesha Boulevard, Lot-A1 CBD Kota Deltamas Tol Jakarta - Cikampek Km 37, Cikarang Pusat, Bekasi
Telp.   : 08881301184 (Tata Usaha), 08892668668 (Galeri ITSB)
Hotline: 082219317596
Email : registrasi@itsb.ac.id

Sekretariat ITSB di Bandung
Ruang Perkantoran Gedung Sabuga Lt.1, Bagian Selatan Blok D1 No. 39 Jl. Tamansari 73, Bandung
Telp: 08893668668
email : admin_bdg@itsb.ac.id

Peta Lokasi ITSB

ITSB Ada di Google+ 

 

 

 

 

Powered by CMSimple_XH | Template: ge-webdesign.de | test (X)html | test css | Login

Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI