www.itsb.ac.id

Sie sind hier:  INSTITUT TEKNOLOGI DAN SAINS BANDUNG > INFO SEPUTAR ITSB > Kampus ITSB Menjadi Tuan Rumah Metallurgical and Materials Engineering Series of Event (MARTENSITE) 2016
 

Kampus ITSB Menjadi Tuan Rumah Metallurgical and Materials Engineering Series of Event (MARTENSITE) 2016

MARTENSITE merupakan suatu rangkaian acara yang berkaitan dengan bidang keilmuan metalurgi dan material. Acara ini terdiri dari 2 kegiatan yaitu Metallurgy Material Challenge (M2C) Season 2 dan Engineering Forum Discussion (EFD).

 

A. Metallurgy Material Challenge (M2C) Season 2
Metallurgy Material Challenge 2016 adalah suatu ajang perlombaan tingkat nasional yang diperuntukan untuk mahasiswa/I seluruh Indonesia. Ajang perlombaan ini bertujuan untuk memperkenalkan keilmuan metalurgi dan material ke seluruh Indonesia karena saat ini pandangan masyarakat Indonesia terhadap bidang keilmuan ini masih sangat minim. Selain itu juga, perlombaan ini diadakan agar dapat terjalin silaturahmi yang baik antar mahasiswa di Indonesia dan menjunjung tinggi nilai sportivitas.
Metallurgy Material Challenge 2016 merupakan acara perlombaan tahunan dari Perhimpunan Mahasiswa Metalurgi dan Material Se-Indonesia yang tiap tahunnya bertempat di universitas/institusi yang berbeda. Tahun ini, 2016, Kampus ITSB yang menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan perlombaan ini, yang mana tahun sebelumnya (Season I) diadakan di ITB Bandung.
Pada M2C season 2, terdapat 54 tim yang telah terdaftar dimana 1 tim terdiri dari 2 orang dari seluruh universitas/institusi di Indonesia, seperti ITB, ITSB, UI, ITS, UNTIRTA, UNJANI, UNHAS, ITK, UB, dll. Dari 54 tim tersebut, diseleksi menjadi 10 tim yang berhak melaju ke babak semifinal. Dari 10 tim tersebut dipilih 5 tim yang lolos untuk bertanding dibabak Grand Final.
Perlombaan ini dimulai pada hari minggu tanggal 23 Oktober 2016 dimana merupakan babak penyisihan online (Pressure Test) dan pada hari Jumat tanggal 4 November 2016 yang mana merupakan tahap akhir yaitu Semifinal (Battle of Wits dan Engineering Simulation) dan Grand Final (Quick Rally). Dari tahapan tersebut, di dapatkan hasil sebagai berikut :

  1. Juara 1 dimenangkan oleh I Gede Ponky Aditya Ryanta dan Agung Nugroho (Tim Perlite) dari ITB
  2. Juara 2 diraih oleh Deddy Chandra Nababan dan Wahyu Dwi Sulakso (Tim Monasit) dari ITB
  3. Juara 3 diraih oleh Michael Chandra dan Victor Suganda Rulie (Tim Amazing Slag) dari ITB
  4. Juara 4 diraih oleh Irfan Satria Putra dan Marshel (Tim Isentropik) dari ITB
  5. Juara 5 diraih oleh Muhammad Fahmi Fauzi dan M. Kidam Hady (Tim Fenomena Transport) dari UNTIRTA.

Pengumuman pemenang diumumkan pada akhir acara Engineering Forum Discussion (EFD) dan disaksikan oleh para professional yang hadir dalam forum diskusi tersebut pada hari Sabtu tanggal 5 November 2016.

 

B. Engineering Forum Discussion (EFD)
Engineering Forum Discussion (EFD) merupakan suatu kegiatan diskusi ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa teknik se-Indonesia bersama-sama dengan beberapa pakar dari industry terkait,  mengenai permasalahan yang menyangkut bidang keilmuan metalurgi dan material. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Metalurgi dan Material Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) dan Perhimpunan Mahasiswa Metalurgi dan Material Se-Indonesia (PM3I) dan dilaksanakan pada hari sabtu, 5 November 2016 dengan tema “Meningkatkan Peranan industri Metalurgi dan Material dalam Mengisi Kesenjangan Industri Hulu dan Hilir Aluminium di Indonesia”.
Latar belakang diangkatnya tema ini adalah seiring dengan upaya pemerintah dan pemangku kepentingan untuk meningkatkan peran potensi mineral Indonesia khususnya bauksit (yang mengandung logam berharga aluminium) dalam pemanfaatannya untuk mendukung pembangunan kehidupan bangsa yang lebih baik dan berdaya saing global. Peningkatan peran potensi mineral salah satunya dengan meningkatkan nilai tambah mineral kita untuk mengisi kesenjangan antara industri hulu dan hilir aluminium di Indonesia.
Kegiatan ini dihadiri oleh tiga pembicara kunci yaitu Kasie Pengawasan dan Pemasaran Mineral Ditjen Minerba Kementrian ESDM yang diwakili oleh Bapak I Made Edy Suryana, Presiden Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia Bapak Dr. Ing Gunadi Shinduwinata, General Manager PT Astra Honda motor Plant Karawang Bapak Robiana serta Rektor  dan dosen – dosen Teknik Metalurgi dan Material ITSB.
Peserta dari kegiatan ini tidak hanya berasal dari universitas di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Univeristas Indonesia (UI), Univeristas Jenderal Achamd Yani (UNJANI), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), Politeknik Manufaktur Bandung (POLMAN), Universitas Hassanudin (UNHAS), Universitas Islam Negeri Bandung (UIN BANDUNG) akan tetapi di hadiri juga praktisi – praktisi dari industri terkait seperti PT Dirgantara Indonesia (PTDI), PT Harita Prima Abadi Mineral (PT HPAM), Gesit Company dan lain sebagainya.
Output atau luaran dari acara diskusi ini nantinya dapat digunakan sebagai masukan kepada pemerintah melalui Kementrian ESDM dan Kementrian Perindustrian untuk membuat kebijakan mengenai langkah awal mengatasi kesenjangan industri antara aluminium di Indonesia.
 

 

 

 

Pendaftaran Online Mahasiswa Baru


Pengumuman Wawancara Beasiswa SMART 2017 (new)


Form Pengajuan Isian Untuk Mahasiswa ITSB Lama



Kalender Akademik ITSB Tahun Ajaran 2016/2017

  • 26 Mei 2017: Akhir Perkuliahan
  • 29 Mei - 2 Juni 2017: Masa Persiapan Ujian Akhir Semester
  • 5 Juni - 16 Juni 2017: Ujian Akhir Sernester
  • 22 Juni - 30 Juli 2017: Libur Hari Raya ldul Fitri 1438 H
  • 1 Juli 2017: Batas Akhir Pemasukan Nilai

ITSB bekerja sama dengan Sinarmas Land menyediakan sejumlah beasiswa bagi calon mahasiswa angkatan 2015/2016.

Download informasi


Segala hal terkait pembayaran yang ditujukan ke ITSB dilakukan melalui nomor rekening 000 455 6364 Cabang Karawang Pindodelli


 

Kampus ITSB, Kota Deltamas
Jl. Ganesha Boulevard, Lot-A1 CBD Kota Deltamas
Tol Jakarta - Cikampek Km 37, Cikarang Pusat, Bekasi
Telp.   : 08811820977
Hotline: 082219317596 (WhatsApp)
08892668668
Email;
Pendaftaran : registrasi@itsb.ac.id
Pertanyaan dan masukan : humasitsb@gmail.com

Sekretariat ITSB di Bandung
Ruang Perkantoran Gedung Sabuga Lt.1, R D1 No. 39
Jl. Tamansari 73, Bandung
Telp: 08893668668
admin_bdg@itsb.ac.id

 

 

Peta Lokasi ITSB



ITSB Ada di Google+

 

 

 

 

Powered by CMSimple_XH | Template: ge-webdesign.de | test (X)html | test css | Login

Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI