www.itsb.ac.id

Sie sind hier:  INSTITUT TEKNOLOGI DAN SAINS BANDUNG > INFO SEPUTAR ITSB > Pelopor Prodi Teknologi Pengolahan Sawit dan Prodi Teknologi Pulp dan Kertas
 

Pelopor Prodi Teknologi Pengolahan Sawit dan Prodi Teknologi Pulp dan Kertas

Rektor ITSB Prof. Dr. Ir. Ari Darmawan Pasek

Meski tergolong perguruan tinggi swasta (PTS) baru, keberadaan Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) ini tak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, kampus yang berlokasi di wilayah Cikarang, Bekasi ini menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program studi (prodi) teknologi pengolahan sawit dan teknologi pengolahan pulp dan kertas.

Penyusunan kurikulum untuk prodi yang belum pernah ada di Indonesia itu, diakui Rektor ITSB, Ari Darmawan Pasek, memang terbilang tak mudah. Butuh dukungan banyak pihak, termasuk kalangan industri sendiri hingga tercipta kurikulum yang mumpuni.

Pembentukan prodi Teknologi Pengolahan Sawit dan Pulp dan Kertas itu memang tidak terlepas dari keinginan salah satu pendirinya yaitu Sinar Mas. Lulusannya diharapkan bisa memenuhi harapan akan tenaga ahli madya di kedua bidang tersebut.

Sinergi dengan Sinar Mas berupa beasiswa ikatan dinas yang memungkinan lulusannya bekerja di pilar bisnis Sinar Mas, yaitu di PT SMART Tbk dan Asia Pulp & Paper (APP). Khusus itu, sebelum penerimaan calon mahasiswa harus menjalani tes potensi akademik, tes psikologi dan wawancara.

Ditambahkan, hal itu dibutuhkan mengingat karakteristik dari industri yang kelas dimasuki mereka. Sektor perkebunan sawit serta pulp dan kertas membuat mereka nantinya banyak menghabiskan waktu di lapangan, yang terpencil dan jauh dari keramaian.

“Tidak semua orang cocok dengan penugasan kerja semacam itu. Anak kota tidak akan sanggup karena di sana tidak ada mall. Biasanya dari 200 pelamar, hanya dua orang yang lolos seleksi,” tuturnya.

Bahkan, mahasiswa yang sudah diterima pun banyak yang rontok di jalan. Selain harus pandai, mahasiswa tersebut harus memahami budaya kerja di perkebunan. “Dari sekitar 30 mahasiswa yang diterima, kemungkinan yang lulus hanya 17 orang. Sisanya rontok di jalan,” tuturnya.

Prodi andalan ITSB lainnya adalah Teknik Perminyakan (S1), Perencanaan Wilayah dan Kota (S1), Desain Produk Industri (S1), Program Studi Eksplorasi Tambang (S1), Teknik Sipil (S1), Teknik Lingkungan (S1) dan Arsitektur (S1).

Untuk program diploma, tersedia program studi Teknik Pengelasan (D4), Teknologi Pengelolaan Batubara (D3) selain teknik pengelolaan sawit (D3) serta teknik pengolahan pulp dan kertas (D4).

Tantang ITSB selanjutnya, Ari Darmawan menuturkan, membawa ITSB merengkuh ketiga aspek dalam tri dharma perguruan tinggi, yaitu penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara lengkap.

“Saat ini ITSB masih berada pada tahap teaching university. Kami masih harus melengkapi jajaran dosen tetap, dari sisi jumlah dan kapasitas yang mampu mengembangkan budaya riset,” ujarnya.

ITSB juga harus menyelaraskan langkah dengan industri Indonesia yang saat ini masih lebih banyak dalam bidang pengoperasian atau belum seluruhnya melakukan rancang bangun dan rekaya.

“Impian yang lebih luas adalah bagaimana bisa menjadi pelopor dalam penciptaan energi terbarukan, khususnya dari sumber kelapa sawit sebagai biofuel. Membuatnya hingga menjadi industri skala besar,” kata ahli konservasi energi itu menandaskan. (tri)

Link Berita Terkait:

 

 

Pendaftaran Online Mahasiswa Baru


Pengumuman Wawancara Beasiswa SMART 2017 (new)


Form Pengajuan Isian Untuk Mahasiswa ITSB Lama



Kalender Akademik ITSB Tahun Ajaran 2016/2017

  • 26 Mei 2017: Akhir Perkuliahan
  • 29 Mei - 2 Juni 2017: Masa Persiapan Ujian Akhir Semester
  • 5 Juni - 16 Juni 2017: Ujian Akhir Sernester
  • 22 Juni - 30 Juli 2017: Libur Hari Raya ldul Fitri 1438 H
  • 1 Juli 2017: Batas Akhir Pemasukan Nilai

ITSB bekerja sama dengan Sinarmas Land menyediakan sejumlah beasiswa bagi calon mahasiswa angkatan 2015/2016.

Download informasi


Segala hal terkait pembayaran yang ditujukan ke ITSB dilakukan melalui nomor rekening 000 455 6364 Cabang Karawang Pindodelli


 

Kampus ITSB, Kota Deltamas
Jl. Ganesha Boulevard, Lot-A1 CBD Kota Deltamas
Tol Jakarta - Cikampek Km 37, Cikarang Pusat, Bekasi
Telp.   : 08811820977
Hotline: 082219317596 (WhatsApp)
08892668668
Email;
Pendaftaran : registrasi@itsb.ac.id
Pertanyaan dan masukan : humasitsb@gmail.com

Sekretariat ITSB di Bandung
Ruang Perkantoran Gedung Sabuga Lt.1, R D1 No. 39
Jl. Tamansari 73, Bandung
Telp: 08893668668
admin_bdg@itsb.ac.id

 

 

Peta Lokasi ITSB



ITSB Ada di Google+

 

 

 

 

Powered by CMSimple_XH | Template: ge-webdesign.de | test (X)html | test css | Login

Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI