www.itsb.ac.id

Sie sind hier:  INSTITUT TEKNOLOGI DAN SAINS BANDUNG > KEGIATAN MAHASISWA > DESAIN PRODUK INDUSTRI > Prestasi Mahasiswa DPI ITSB di Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation & Technology Exposition (IPITEX) 2016
 

Prestasi Mahasiswa DPI ITSB di Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation & Technology Exposition (IPITEX) 2016

Tubagus Rahmatullah, mahasiswa program studi Desain Produk Industri ITSB (Institut Teknologi dan Sains Bandung)  penerima beasiswa Eka Tjipta Foundation, berhasil meraih beberapa penghargaan tingkat internasional di Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation & Technology Exposition (IPITEX) 2016. Kegiatan ini diselenggarakan oleh The National Research Council of Thailand (NRCT) pada 2 – 6 Februari 2016  di Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEC), Thailand, dalam rangka memperingati Thailand Inventors’ Day 2016.
 

IPITEX 2016 merupakan kontes yang terbuka tidak hanya untuk kalangan pelajar dan mahasiswa, namun juga untuk kalangan professional dan industri. IPITEX diikuti oleh 17 negara, dengan total 220 karya inovasi dan beberapa temuan/invensi baik secara perorangan maupun tim. Tubagus mengikuti kontes ini dalam tim bersama tiga mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, di mana Tubagus berperan sebagai ketua tim. Keikutsertaan Tubagus dan tim diakomodasi oleh Indonesian Invention & Innovation Promotion Association (INNOPA) selaku akomodator dan promotor yang berafiliasi langsung ke World Invention Intellectual Property Association (WIIPA).


ITSB didirikan oleh ITB (Institut Teknologi Bandung) bersama Sinar Mas sejak 2010. Kampus ITSB difasilitasi oleh Sinar Mas di Kota Deltamas. Karya inovasi yang dibuat oleh mahasiswa ITSB program studi Desain Produk Industri yang bernama Tubagus beserta tim adalah sebuah botol minuman portable yang bisa memanaskan dan mendinginkan air minuman dengan kontrol tombol. Daya yang dibutuhkan dihasilkan dari batere 18 V.


Terdapat tiga sistem penjurian dalam kontes ini:


Pertama, penjurian oleh National Research Council of Thailand (NRCT) dengan menggunakan sistem poin. Batas poin untuk gold award adalah 85, silver award adalah 80, dan bronze award adalah 70. Dalam sistem penjurian ini, Tubagus dan tim memperoleh bronze award dari NRCT.


Kedua, penjurian oleh masing-masing perwakilan Negara untuk menetapkan karya paling menarik kepada peserta Negara lain. Dengan penjurian seperti ini, maka setiap peserta memiliki kesempatan untuk memperoleh lebih dari satu penghargaan namun bisa juga tidak mendapatkan penghargaan apapun. Di sistem penjurian ini, Tubagus dan tim berhasil mendapatkan Best International Invention award dari The Manila Young Inventors Association (MYIA).


Ketiga, penjurian untuk mencari karya terbaik (Special Award). Pemenang Special Award berdasar pada kebaruan produk (produk masa depan) dan memiliki fungsi yang optimal serta dapat diterapkan, digunakan dan dipasarkan ke publik. Penjurian ini hanya dilakukan oleh tujuh Negara, yaitu Inggris, Amerika, Polandia, Taiwan, Korea, Rusia dan Indonesia dan setiap Negara tersebut hanya memilih satu karya terbaik dari semua peserta selain peserta dari negaranya sendiri. Di sistem penjurian ini, Tubagus dan tim memperoleh Special Award dari Eurobusiness – Haller and Haller Pro Inventio Foundation, Polandia.

 

 

Prototipe awal dan penghargaan. Berurutan dari kiri: sertifikat Philippine Award for Best International Invention; medali Special Award Eurobusiness – Haller and Haller Pro Inventio Foundation, Polandia; sertifikat Bronze Award dari National Research Council of Thailand; protipe awal karya; sertifikat Special Award Eurobusiness – Haller and Haller Pro Inventio Foundation, Polandia.

 

Tubagus sedang menjelaskan karyanya pada pengunjung

 

Tubagus dan tim juri dari The Manila Young Inventors Association (MYIA)

 

Penganugerahan Special Award dari Eurobusiness – Haller and Haller Pro Inventio Foundation, Polandia.

 

Pendaftaran Online Mahasiswa Baru


Pengumuman Wawancara Beasiswa SMART 2017 (new)


Form Pengajuan Isian Untuk Mahasiswa ITSB Lama



Kalender Akademik ITSB Tahun Ajaran 2016/2017

  • 26 Mei 2017: Akhir Perkuliahan
  • 29 Mei - 2 Juni 2017: Masa Persiapan Ujian Akhir Semester
  • 5 Juni - 16 Juni 2017: Ujian Akhir Sernester
  • 22 Juni - 30 Juli 2017: Libur Hari Raya ldul Fitri 1438 H
  • 1 Juli 2017: Batas Akhir Pemasukan Nilai

ITSB bekerja sama dengan Sinarmas Land menyediakan sejumlah beasiswa bagi calon mahasiswa angkatan 2015/2016.

Download informasi


Segala hal terkait pembayaran yang ditujukan ke ITSB dilakukan melalui nomor rekening 000 455 6364 Cabang Karawang Pindodelli


 

Kampus ITSB, Kota Deltamas
Jl. Ganesha Boulevard, Lot-A1 CBD Kota Deltamas
Tol Jakarta - Cikampek Km 37, Cikarang Pusat, Bekasi
Telp.   : 08811820977
Hotline: 082219317596 (WhatsApp)
08892668668
Email;
Pendaftaran : registrasi@itsb.ac.id
Pertanyaan dan masukan : humasitsb@gmail.com

Sekretariat ITSB di Bandung
Ruang Perkantoran Gedung Sabuga Lt.1, R D1 No. 39
Jl. Tamansari 73, Bandung
Telp: 08893668668
admin_bdg@itsb.ac.id

 

 

Peta Lokasi ITSB



ITSB Ada di Google+

 

 

 

 

Powered by CMSimple_XH | Template: ge-webdesign.de | test (X)html | test css | Login

Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI